10 Cara mudah Untuk Mempercepat Dan Meningkatkan Kinerja Windows 10 Secara Instan

Jika ternyata komputer Anda tidak mencapai kinerja yang optimal, berikut beberapa trik untuk mengurangi sedikit beban kerjanya dan meningkatkan kecepatannya. 

Meningkatkan kinerja windows

Terkadang kita ingin melakukan pekerjaan yang sangat berat dimana komputer kita tidak siap. Ini mungkin model yang agak lama yang sudah kesulitan mengukur atau memiliki memori yang pendek. Hasilnya adalah performa yang buruk buat komputer kita. 

Intinya adalah, kita tidak selalu dapat membeli komputer yang lebih baik atau menyuntikkan aplikasi ke dalamnya dengan memori atau hard drive yang lebih kuat. Dalam hal ini dan sebelum mengganti komputer anda ada serangkaian trik yang dapat memberikan sedikit lebih banyak ruang untuk memori komputer anda.

Mengosongkan ruang, memperbarui, membersihkan beban kerja, dan serangkaian trik sederhana dan cepat lainnya seperti yang tercantum di bawah ini dapat meningkatkan kinerja komputer Anda . Cara ini adalah opsi gratis yang tersedia untuk Anda tetapi banyak yang tidak tahu atau tidak berani menggunakannya.

1. Pantau aplikasi di latar belakang

Saat Anda bekerja dengan sebuah program, aplikasi lain menggunakan komputer Anda, mereka tidak memata-matai Anda dan itu bukan hal yang buruk, itu adalah pekerjaan mereka. Namun, aplikasi ini menghabiskan ruang kerja dan mengganggu PC Anda sehingga dapat memperlambat kinerjanya. Jika tugas yang sedang dihadapi membutuhkan daya lebih, matikan aplikasi lain agar komputer Anda dapat fokus. Dengan cara:

  • Masuk ke Task Manager
  • Temukan mereka yang menggunakan sumber daya dan matikan
  • Tombol kanan mouse, " Akhiri tugas "

2. Kosongkan Startup Windows 

Di Task Manager Anda dapat menemukan fungsi yang sangat berguna jika komputer Anda membutuhkan waktu lama untuk startup setiap hari. Beberapa aplikasi dan program dimulai bersama-sama dengan seluruh sistem, mungkin berguna untuk menyiapkan rencana kerja dalam sekejap, tetapi ini merupakan beban kerja yang berlebihan untuk komputer anda.

  • Di Task Manager, temukan bagian Home
  • Pilih aplikasi yang tidak dapat Anda lakukan saat memulai
  • Klik tombol kanan dan centang Nonaktifkan

Baca juga: cara mudah mempercepat booting windows 10


3. Kosongkan ruang penyimpanan

Ketika drive penyimpanan, terutama hard drive atau SSD tempat sistem operasi disimpan, memiliki sedikit ruang kosong, data aplikasi terfragmentasi untuk mengisi celah, dan Windows mengalami masalah saat melakukan operasi sementara dan memperbarui file.

Kami merekomendasikan memiliki setidaknya 20% dari ruang kosong dan jika Anda masih melihat kurangnya kinerja, coba kosongkan lebih banyak ruang untuk melihat apakah itu meningkatkan PC Anda. Windows menawarkan alat yang disebut Pembersihan Disk, ketika Anda membukanya Anda harus menandai data yang ingin Anda bersihkan dan menekan tombol Bersihkan file Sistem untuk menghapus instalasi Windows lama dan titik pemulihan.

Bagaimanapun, Anda perlu melakukan pembersihan manual antara foto, dokumen, game, dan rangkaian file lain yang dapat Anda simpan di hard drive eksternal dan bukan di komputer Anda agar tidak menenggelamkannya.

4. Singkirkan Bloatware

Tindakan ini sebenarnya harus dilakukan dengan perangkat apa pun selama bulan-bulan pertama penggunaan setelah pembelian. Bloatware atau aplikasi dan file lain yang telah diinstal oleh pabrikan pada perangkat sebelum menjualnya. Ini adalah cara untuk mempromosikan program dan sistem Anda sehingga pengguna dapat menemukan dan mengujinya, tetapi jika itu tidak meyakinkan Anda, lebih baik untuk menghilangkannya daripada menyimpannya di komputer anda. 

Ada beberapa program gratis seperti SlimComputer atau PC Decrapifier yang membantu menemukan perangkat lunak sisa dan menghapusnya. Bloatbox juga salah satu yang paling sederhana untuk melakukan pembersihan ini yang dapat membuat komputer Anda lebih ringan.

5. Hapus efek visual dari Windows 10

Opsi menarik lainnya yang dapat Anda pertimbangkan ketika PC berjalan agak lambat dan Anda tidak mendapatkan peningkatan di tempat lain adalah menyederhanakan pekerjaan Anda. Windows menggunakan sejumlah efek animasi untuk membuka dan menutup jendela, mengaktifkan ikon, dan banyak lagi. Efek visual ini memberi Anda lebih banyak gaya, tetapi menghabiskan beberapa sumber daya CPU.

Anda dapat mengatakan bahwa mereka berkembang yang meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi kami dapat melakukannya dengan cara:

  • Di bilah pencarian, ketik: sysdm.cpl
  • Buka jendela itu dan pilih Pengaturan Lanjutan
  • Pilih pengaturan efek visual
  • Anda dapat menyesuaikan dengan pilihan Anda atau mencentang kotak " Sesuaikan untuk kinerja terbaik "

6. Hapus transparansi

Bersamaan dengan trik sebelumnya, kita juga dapat menonaktifkan efek visual Windows lainnya, sangat menarik, tetapi sangat berat, seperti transparansi. Sedikit demi sedikit kami menambahkan kinerja ke tugas yang paling penting dan mengurangi yang lainnya. Menu Mulai, bilah tugas, dan Pusat Tindakan memiliki tata letak berbeda yang dapat kami sesuaikan dan transparansi lebih berfungsi daripada warna buram sederhana, Untuk menonaktifkannya: 

  • cukup masuk ke Pengaturan (Windows + I)
  • Pilih bagian Personalisasi dan Warna
  • Nonaktifkan transparansi dan pilih warna yang kamu sukai untuk Windows dasar baru kamu

7. Aktifkan pemeliharaan otomatis Windows

Komputer juga melakukan proses pemeliharaan sendiri untuk mempertahankan kualitas yang lebih baik dan kinerja puncak. Setiap hari Windows melakukan serangkaian pemeriksaan, memindai keamanan perangkat dari kesalahan dan membuat diagnosis untuk menjaga PC dengan kinerja terbaik dan tanpa masalah.

Proses ini harus diaktifkan saat komputer sedang diisi dan idle, tetapi fungsinya mungkin telah dinonaktifkan. Periksa apakah itu berfungsi:

  • Buka Panel Kontrol
  • Pilih Sistem dan Keamanan lalu Keamanan dan Pemeliharaan
  • Cari di bagian Perawatan untuk fungsi otomatis

Anda dapat memberi tahu sistem untuk segera melakukannya dengan tombol Mulai Pemeliharaan atau masuk ke konfigurasi untuk mengelola operasinya. Namun, Anda mungkin melihat bahwa tanggal eksekusi terakhir sudah dekat, itu artinya berfungsi dengan baik.

8. Perbarui Windows

Contoh sebelumnya adalah contoh jelas mengapa kita harus mempercayai Windows untuk mengelola dan menjaga perangkat kita tetap siap. Meskipun ini adalah sistem operasi yang rentan terhadap kegagalan dengan setiap pembaruan, masalahnya biasanya dilihat lebih dari keuntungannya, yaitu banyak.

Dengan beberapa pembaruan yang kami terima sepanjang tahun, Microsoft memperbaiki kesalahan sistem, memperkuat kinerja perangkat dan melindungi sistem dari kemungkinan serangan, yaitu, terus memperbarui antivirus Anda untuk melawan ancaman yang ditemukan. Itulah mengapa penting untuk selalu memperbarui perangkat Anda.

Cukup klik tombol matikan dan pilih opsi Perbarui dan mulai ulang. Tetapi jika Anda ingin tahu cara memeriksa versi Windows yang Anda miliki dan jika ada pembaruan yang tersedia saat ini.

9. Matikan dan hidupkan komputer

Trik lain, yang paling sederhana, adalah sering-sering menyalakan ulang perangkat. Saat Anda menggunakan komputer, memorinya berkurang, proses melambat dan semuanya tampak menurun. Saat Anda me-restart komputer, memori RAM tersebut dibersihkan dan semuanya siap untuk bekerja kembali, menghilangkan proses latar belakang atau tugas-tugas yang terakumulasi.

10. Aktifkan fitur ready boost

Windows 10 menawarkan fungsi untuk mengintegrasikan drive USB berkecepatan tinggi eksternal, flashdisk, atau kartu SD, yang dapat digunakan untuk memperluas memori RAM alih-alih mengganti komputer atau memasang memori baru yang harganya bisa lebih mahal. Fitur ini disebut Ready Boost.

Tidak sembarang stik USB yang bisa digunakan, ini harus merupakan perangkat berkinerja tinggi dengan kecepatan membaca dan menulis yang baik. Juga, perlu diingat bahwa opsi ini tidak lebih baik daripada membeli perangkat keras yang lebih modern, tetapi jika Anda membutuhkan dorongan tepat waktu, ini adalah alternatif untuk dipertimbangkan.

  • Masuk ke Windows File Explorer
  • Klik pada drive eksternal yang akan muncul di menu samping dengan tombol kanan mouse
  • Akses Properti
  • Temukan bagian ReadyBoost . Windows 10 melakukan analisis perangkat, jika Anda memiliki sedikit ruang (ini bukan kasus kami) itu akan memungkinkan Anda untuk menggunakannya.

Dengan trik sederhana ini, PC Anda seharusnya sudah menunjukkan tanda-tanda lega dan bekerja lebih cepat. 

Nah demikianlah 10 cara untuk meningkatkan dan mempercepat kinerja windows 10 dengan mudah mudah mudahan bermanfaat buat semua para pembaca. Terimakasih.... 

0 Response to "10 Cara mudah Untuk Mempercepat Dan Meningkatkan Kinerja Windows 10 Secara Instan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel