Cara mudah memulihkan file yang terhapus di Windows 10

Sudahkah Anda menghapus file di komputer Anda, dan sekarang Anda sangat membutuhkannya? Untungnya, ada banyak cara untuk memulihkan file yang terhapus di Windows 10. Dalam tutorial ini kami menunjukkan tiga cara termudah. 

Hukum Murphy memberi tahu kami bahwa kami sangat membutuhkan file yang kami hapus sedetik sebelumnya. Tetapi kita mungkin menemukan bahwa tidak ada cara untuk mendapatkannya kembali. Dalam hal ini, jangan berkecil hati, kami akan mengajari Anda cara melakukannya .

Untungnya, pengembang perangkat lunak sangat peka terhadap hukum nasib buruk yang tidak dapat diubah, itulah sebabnya mereka menciptakan alat darurat yang memungkinkan kita melindungi diri kita sendiri darinya.

Memulihkan file yang terhapus di Windows 10 relatif sederhana, karena ada banyak metode untuk mencapainya. Bahkan sistem operasi ini menggunakan alat restorasi sebagai standar. Lebih sulit untuk memulihkannya secara penuh, terutama jika sudah lama sejak dihapus.

Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode untuk memulihkan file yang dihapus di Windows 10 . Yang pertama adalah alat untuk memulihkan versi sebelumnya dari file Windows 10. Kami juga akan menggunakan program Recuva gratis yang terkenal   dan perangkat lunak profesional seperti Disk Drill .

1. Gunakan alat pemulihan Windows 10

Ternyata Anda telah menghapus file yang sekarang Anda butuhkan. Pernahkah Anda melihat apakah ada di tempat sampah? Kedengarannya seperti ungkapan ibu yang bijak, tetapi terkadang berhasil ... Terutama jika Anda tidak menggunakan untuk mengosongkan sampah Windows.

Jika tidak ada, saatnya menggunakan alat pemulihan Windows 10 . Ini tidak hanya berfungsi untuk menemukan file yang dihapus, tetapi Anda juga dapat memulihkan versi sebelumnya dari file yang telah Anda modifikasi . Misalnya, jika Anda telah mengubah dokumen dan tidak menyukai hasilnya, sekarang Anda dapat kembali ke versi sebelumnya.

  • Dari ikon Komputer di desktop Windows, atau menggunakan File Explorer , 
  • masukkan folder tempat file yang ingin Anda pulihkan. 
  • Klik kanan pada ruang kosong di folder atau file yang ingin Anda kembalikan ke versi sebelumnya. 
  • Pilih perintah Properties , dan ketuk pada tab Versi Sebelumnya :

Di jendela Anda akan melihat versi sebelumnya dari file atau folder yang telah Anda pilih. Jika itu adalah folder, masukkan dan di sana Anda akan menemukan file terhapus yang hilang. Berhati-hatilah karena jika Anda memulihkannya, versi saat ini dari file atau folder itu akan dihapus, jika ada ...

Perlu diingat bahwa sistem untuk  memulihkan file yang dihapus di Windows 10 ini  hanya berfungsi jika Anda sering membuat salinan cadangan, atau telah membuat titik pemulihan, dan file atau folder yang ingin Anda resusitasi ada di dalam salinan tersebut.

Baca juga: cara mudah screnshoot di windows 10

Jika Anda tidak mendapatkan hasil, sekarang saatnya menggunakan program khusus.

2. Pulihkan file yang dihapus dengan Recuva


Pulihkan file dengan recuva

Ada banyak program yang mengkhususkan diri dalam memulihkan file yang terhapus di Windows 10 , baik gratis maupun berbayar. Recuva adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Jika kami memilihnya, itu karena gratis, dan terus diperbarui, dan sangat dihargai oleh para ahli. Recuva menggunakan algoritme pemulihan data militer , mendukung format disk baru, dan melakukan analisis mendalam yang memungkinkan Anda mengekstrak file yang dihapus beberapa bulan lalu, atau telah ditimpa. Itu juga memulihkan file dari disk yang diformat atau rusak . Dan itu bekerja dengan kartu SD dan pen drive.

Unduh Recuva dari situs resminya dan instal. Program dimulai dengan asisten, tetapi untuk mempelajari cara menggunakannya, lebih baik membatalkannya. Kami akan melakukan pencarian khusus.

Penggunaannya sangat sederhana. Anda cukup memilih drive yang ingin Anda pindai dari menu geser di bagian atas, dan tekan tombol Pindai . Recuva akan mencoba memulihkan file yang terhapus  di seluruh drive. Jika Anda hanya membutuhkan file atau folder tertentu, Anda dapat menulis namanya (atau bagiannya) di kotak dengan ikon kaca pembesar:

Setelah beberapa detik, daftar file terhapus yang ditemukan akan muncul. Namanya akan acak karena ini adalah data yang jarang disimpan, tapi yang penting adalah isinya. Tombol merah, oranye atau hijau menunjukkan seberapa rusak file tersebut. Anda dapat memulihkan file tersebut hampir sepenuhnya. Selebihnya, hanya sebagian. Tapi itu bisa cukup jika itu berupa teks atau foto:

Jika Anda mengklik sebuah file, Anda mungkin dapat melihat isinya di jendela Pratinjau di sebelah kanan.

Tandai file yang ingin Anda simpan dan klik Pulihkan . Kemudian pilih lokasi tempat Anda ingin menyimpannya, biarkan Recuva melakukan tugasnya, dan periksa file untuk melihat apakah sudah disimpan.

3. Gunakan perangkat lunak profesional

Jika Anda telah sampai sejauh ini dan belum mencapai tujuan Anda, ada pilihan untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan profesional, seperti Disk Drill . Ini memiliki versi gratis yang dengannya Anda dapat memulihkan data hingga 1 GB.

Disk drill

Titik kuat dari Disk Drill adalah bahwa sangat mudah digunakan . Dari jendela utama aplikasi Anda memiliki akses ke semua fungsi pemulihan data yang dihapus dan Anda dapat memilih dari drive mana untuk memulihkan file.

Kemudian Anda harus menekan untuk memindai file mana yang telah dihapus atau hilang. Saat ini ia akan mendeteksi semua orang yang telah mengalami perubahan ini, selalu agar Anda tidak kesulitan menemukan mereka .

Saat Anda menemukan file, atau beberapa file, untuk dipulihkan, Anda hanya perlu menandainya dan menunjukkan di folder mana Anda ingin memulihkannya.

Keuntungan utama Disk Drill adalah dalam kecepatan, kesederhanaan penggunaan, dan merupakan program yang tidak tersesat dalam fungsi lain, ia memenuhi tujuan utamanya: memulihkan file yang dihapus dari Windows 10 .

0 Response to "Cara mudah memulihkan file yang terhapus di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel