Apakah kalian hoby menonton film, mendengarkan music, atau bermain game dengan kualitas suara yang bagus, jika iya pasti kalian tidak asing lagi dengan kata burn in earphone/headset, kali ini saya akan mencoba menulis cara burn in headset yang benar.

Apa itu Burn in headset – burn in headset adalah sebuah metode yang digunakan untuk menstabilkan suara pada earphone/headset ketika pertamakali dibeli, proses ini dilakukan supaya headset kalian bisa mendapatkan suara dengan kualitas yang baik.

https://www.teknoterkini.id/2020/04/suara-headset-tidak-jelas-coba-lakukan.html

Cobalah kalian perhatikan ketika baru membeli headset dan langsung memakainya, suara yang dihasilkan tidak begitu bagus, itu karena kalian belum mem burn in headset untuk mendapatkan suara yang bagus.
Meskipun cara ini masih terbilang kontroversi tetapi cara ini tetap digunakan oleh para pengguna earphone untuk memporoleh suara dengan kualitas yang bagus dengan cepat.

Cara burn in earphone – dengan cara memutar music, karena dengan cara ini headset kalian bisa bekerja dengan baik, kalian bisa memutar music yang kalian inginkan dan sebaiknya pilihlah dari frekuensi tinngi ke frekuensi rendah, agar proses bur in berjalan dengan baik. Bahkan ada yang menyarankan untuk mendengarkan music dengan suara bas yang berat.

Mengunakan headset kalian, secara tidak langsung ini juga merupakan proses burn in, baik itu kalian gunakan untuk mendengarkan music, memutar film, yang penting menggunakan headset juga bisa dikatakan burn in, walaupun cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Alasan Headphone bluetooth lebih diminati

Aplikasi burn in earphone/headsetsebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan namun saya merekomendasikan sine wave, sweep, pink noise, AM/FM static, dan masih banyak yang lainya silahkan kalian mencarinya sendiri di internet.

how long to burn in headphones – waktu proses burn in variatif ada yang menyarankan 100 jam (4 hari), namun ada juga yang mengatakan 200 jam (satu minggu), namun hal itu bergantung pada jenis headset yang kalian miliki, untuk memperoleh hasil yang baik tidak ada waktu yang pasti. Silahkan kalian mencoba sampai kalian bisa mendapat hasil yang baik untuk headset kalian.

Apakah burn in headset baru harus dilakukan – tidak perlu, kalian bisa langsung menngunakannya, seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa proses burn in sama dengan menggunakan headset kalian, mau kalian burn in atau tidak adalah pilihan kalian, kalian akan mendapatkan sedikit demi sedikit perubahan suara bila kalian sering menggunakannya.

Cara burning headset tanpa aplikasisilahkan nyalakan media yang kalian punya seperti handphone, laptop, mp3 atau yang lainnya, à selanjutnya tancapkan headset kalian ke media tersebut à kemudian silahkan putar music dari media kalian, à suara headset disesuaikan dengan kenyamanan kalian à silahkan lakukan hal tersebut selama 18-24 jam tanpa henti, à jika lowbet silahkan charge handphone dengan benar agar batrynya tidak rusak.

Cara tersebut kalian lakukan dengan 3 proses agar burn in earphone kalian berjalan dengan baik. 1. à 6 jam tanpa henti dengan volume headset 25%. 2. à 6 jam tanpa henti dengan volume sebesar 50% dan yang ke 3. à 6 jam tanpa henti dengan volume sebesar 75%.

Apa dampaknya jika terjadi kesalahan pada saat buning earphonekesalahan bisa saja terjadi pada saat kalian melakukan burning headset, untuk meminimalisir itu silahkan ikuti langkah demilangkah yang sudah saya uraiankan di atas.

Resiko paling besar jikaterjadi kesalahan adalah kerusakan pada headset kalian, kerusakan itu bisa berupa suara gresek yang akan muncul jika kalian memutar music dengan volume yang keras.

Demikianlah uraian saya tentang Cara burn in earphone/headset di android yang benar, meskipun melakukan hal tersebut bukanlah suatu kepastian, dan tidak ada yang menjelaskan seperti apa suara headset yang baik. Karena semua itu tergantung kepada para penggunanya, namun tidak ada salahnya jika kalian ingin mencobanya karena tidak memerlukan biaya. Dan kalian bisa membandingkan earphone yang sudah di burn in dengan yang tidak. Terimakasih…