Cara Memindahkan Aplikasi ke kartu memori - Dalam panduan ini, Anda akan belajar cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, sehingga Anda dapat mengosongkan penyimpanan dan mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Android Anda. Saat ini, memiliki ponsel dengan penyimpanan internal 8GB atau 16GB adalah batasan yang serius.

Hanya masalah waktu sebelum Anda menemukan diri Anda mencari-cari aplikasi untuk dihapus sehingga Anda dapat membuat ruang untuk foto-foto Anda; terutama karena foto dan video terus tumbuh secara drastis dalam ukuran. Dan tidak jarang akhir-akhir ini menemukan aplikasi dan game yang menghabiskan Kartu SD 3GB atau lebih!

https://www.teknoterkini.id/2020/04/cara-memindahkan-aplikasi-dari-memori.html

Sayangnya, kapasitas penyimpanan internal masih menjadi salah satu faktor penentu terbesar dalam hal harga telepon baru. Oleh karena itu, banyak pengguna akan memilih untuk puas dengan penyimpanan yang lebih kecil, sehingga mereka dapat menikmati fitur-fitur modern lainnya. Berita baiknya adalah jika perangkat Anda dilengkapi dengan penyimpanan yang dapat diperluas , Anda akan dapat memindahkan aplikasi ke SD card dan secara efektif memberi Anda dorongan besar hanya dengan biaya kartu microSD.

Sementara itu, di ujung andalannya, pabrikan memahami daya tarik mendukung kartu SD 512GB besar untuk melayani pengguna yang benar-benar kuat. Perangkat seperti Samsung Galaxy S10 dan Note 9 mampu memberikan total penyimpanan 1TB setelah Anda menggabungkannya dengan penyimpanan internal!

Jadi, apakah Anda ingin memberikan kehidupan yang lebih lama pada perangkat Anda yang lebih lama, atau Anda mencari untuk mengambil keuntungan penuh dari fitur-fitur canggih unggulan utama Anda, mari kita lihat bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Baca juga: Cara bermain game PSP di HP android

Bagaimana Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di Android?
Berita baiknya adalah sebenarnya sangat mudah untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD di Android.

Pertama, cari daftar semua aplikasi yang diinstal di menu pengaturan Anda. Pada perangkat Samsung atau Android Marshmallow, buka Pengaturan > Aplikasi lalu ketuk aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke penyimpanan eksternal. Android yang tersedia, Android Nougat, atau Android Pie, buka Pengaturan > Aplikasi dan Pemberitahuan > Info Aplikasi .

Ini akan membuka halaman terpisah untuk aplikasi itu, dan di sini Anda akan melihat "Storage Used" di dekat bagian atas. Ini mungkin membaca "memori perangkat." Sekarang klik tombol di bawahnya yang bertuliskan "Ubah." Pilih tujuan dan kemudian tekan "Pindahkan." Tunggu sebentar, dan aplikasi Anda akan bergerak, sesederhana itu!

Proses ini dapat dibalik, jadi jika Anda harus memutuskan ingin aplikasi kembali di penyimpanan internal Anda, Anda dapat memindahkannya lagi kapan saja.

Jika Anda tidak dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD, opsi itu tidak akan tersedia. Sayangnya, tidak ada daftar cepat untuk melihat aplikasi mana yang dapat dipindahkan ke kartu SD, jadi Anda harus memeriksa masing-masing secara manual. Biasanya, aplikasi bloatware dan pra-instal tidak dapat dipindahkan ke kartu SD.

Meskipun prosesnya sedikit berbeda dari satu skin OEM ke yang lain, langkah-langkah umum ketika memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal umumnya sangat mirip. Sayangnya, perangkat Huawei dan Honor merupakan pengecualian, dan tidak memberikan opsi untuk memindahkan aplikasi berdasarkan kasus per kasus. Namun, Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan default untuk aplikasi, atau menggunakan metode di bawah ini. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Memori dan Penyimpanan> Lokasi Default dan pilih "kartu SD." Ponsel akan reboot dan dari sana, aplikasi akan disimpan di penyimpanan eksternal.

Gunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal

Opsi lain yang sekarang dimasukkan ke Android (karena Android Marshmallow) adalah memberi tahu Android untuk memperlakukan kartu SD Anda sebagai penyimpanan internal. Ini disebut "Penyimpanan Adoptable."

Untuk melakukan ini, pilih Penyimpanan dari pengaturan Anda dan kemudian pilih kartu SD. Sekarang pilih Storage Settings dan pilih Format sebagai Internal . Seperti namanya, ini akan menghapus semua data pada kartu Anda jadi pastikan itu dicadangkan! Di Android Pie, Anda akan diberikan pilihan untuk memindahkan konten Anda termasuk aplikasi dan media ke kartu yang baru diformat. Namun perlu diingat bahwa sekali lagi, tidak semua OEM mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi. 

Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Menambahkan Penyimpanan?

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan Anda untuk menginstal bagian dari aplikasi yang diinstal ke kartu microSD, tetapi bagi mereka yang melakukannya, itu hanya perjalanan singkat ke manajer aplikasi dan dengan menekan satu tombol saja. Sebagian besar ponsel andalan telah beralih dari dukungan untuk fitur ini; itu lebih umum ditemukan di midrange ke perangkat keras kelas bawah, tetapi ini sering merupakan perangkat yang dapat menggunakan penyimpanan ekstra.

Sayangnya, bahkan jika ponsel cerdas Anda mendukung fitur ini, tidak semua aplikasi melakukannya. Aplikasi besar seperti gim meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal. Sebagai contoh, Asphalt 8 menempatkan hanya 64MB data pada kartu microSD sambil meninggalkan 1.4GB yang tersisa untuk mengisi ponsel atau tablet Anda. Yang mengatakan, Anda dapat menghemat ruang dengan cara ini, terutama jika Anda memiliki banyak aplikasi yang diinstal dan memindahkan sebanyak mungkin ke kartu microSD.

Baca juga: Cara menghapus riwayat penelusuran google di android

Cara memindahkan aplikasi ke sd card Menggunakan Manajer Aplikasi
  • Navigasikan ke Pengaturan di ponsel Anda. Anda dapat menemukan menu pengaturan di laci aplikasi.
  • Ketuk Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu microSD.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Ketuk Ubah jika ada di sana. Jika Anda tidak melihat opsi Ubah, aplikasi tidak dapat dipindahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi apa pun dengan opsi ini, kemungkinan perangkat Anda tidak mendukung fitur ini.
  • Ketuk Pindahkan.
Jika Anda ingin memindahkan aplikasi kembali ke memori internal, tekan tombol Ubah lagi dan pilih Penyimpanan Internal.

Jika perangkat Anda tidak mendukung Gunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Cara memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal, ada opsi lain, pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow , yang mungkin menjadi jawaban untuk Anda. Fitur ini disebut Adoptable atau Flex Storage, dan memungkinkan Anda untuk memformat kartu microSD untuk bertindak seperti penyimpanan internal tambahan. Sekali lagi, tidak semua perangkat dengan slot microSD akan mendukung fitur ini: Motorola, Huawei dan Nvidia semuanya memilih untuk mengaktifkan Flex Storage, sementara Samsung dan LG telah menghapusnya.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur ini. Anda akan menginginkan kartu microSD tercepat yang dapat Anda temukan untuk memastikan kinerja yang lancar, setidaknya Kelas 10 atau UHS-I dan lebih disukai UHS-3.

Setiap data yang ada pada kartu microSD akan dihapus ketika Anda memformatnya sebagai penyimpanan internal, dan sejak saat itu, itu tidak dapat digunakan di perangkat lain (kecuali jika Anda memformatnya lagi). Terakhir, ingatlah bahwa jika Anda mengeluarkan kartu microSD ini dari telepon Anda, Anda akan merusak fungsionalitas untuk aplikasi atau konten apa pun yang Anda pindahkan.

Jadi, begitulah cara Anda memindahkan aplikasi dari internal ke kartu SD di Android. Ini adalah proses yang sederhana, meskipun ada satu atau dua batasan menjengkelkan tergantung pada ponsel Anda sendiri. Demikianlah Artikel tentang Memindahkan Aplikasi dari Memori Internal Ke Kartu SD semoga bermanfaat.