https://www.teknoterkini.id/2019/10/cara-membatasi-anak-menggunakan-internet.html
Internet bisa berbahaya bagi para penggunanya entah itu di usia muda ataupun sudah tua. Siapa saja bisa terkena serangan kalau tidak berhati hati dalam menggunakan internet. Maka dari itu orang tua memiliki peranan penting untuk mengontrol anak anak mereka dalam menggunakan internet.

Tentu sangat sulit bagi para orang tua untuk langsung membatasi anak anak mereka dalam menggunakan internet. Karena internet sekarang merupakan sebuah kebutuhan bagi anak anak mereka dalam berselancar di dunia maya terutama saling berkomunikasi dimedia sosial, seperti facebook dan whatsapp dan lainnya.

Untuk masalah pembatasan dalam menggunakan internet bisa di bicarakan oleh orang tua kepada anaknya. Supaya orang tua bisa menjadi kontrol dalam menggunakan internet terhadap anak anak mereka, agar mereka bisa menggunakan internet dengan nyaman dan sekaligus mereka bisa belajar.

Dalam rangka hari anak nasional, Facebook mengajak para orang tua untuk lebih aktif dalam melakukan pengawasan terhadap anak anak mereka dalam menggunakan internet. Terlebih lagi dalam pengguanaan media sosial agar anak anak mereka aman dalam bermedia sosial.

Berikut beberapa cara yang orang tua bisa lakukan kepada anak anak mereka untuk melakukan pembatasan dalam menggunakan internet.

Baca juaga: cara menghemat kuota internet

 1. Membuat perjanjian

Buatlah perjanjian dalam penggunaan internet, dalam hal ini bisa dilakukan pada saat pertama kali anda memberikan ponsel pada anak anda, di situ anda bisa langsung membuat kesepakatan tentang aturan dalam menggunakan internet.

 2. Bertanggung jawab

Orang tua bertanggung jawab atas anak anak mereka termasuk pada saat mereka berselancar di dunia maya, karena mereka berhak mendapatkan perlindungan dari orang tua mereka.
Jika ada pelanggaran yang dilakukan pastikan ada teguran dari orang tua mereka, dan tetap jadikan anak kalian sebagai teman ketika mereka menginjak usia dewasa. Agar mereka tetap aman dalam menggunakan internet.

 3. Konsisten

Patuh terhadap aturan yang telah di sepakati bersama, seperti tidak boleh membuka atau memegang ponsel, tablet atau laptop pada saat sarapan, atau pada saat kumpul keluarga. Jika memang dalam keadaan terpaksa atau dalam keadaan yang penting jelaskan kepada anak anak kalian bahwa aturan tersebut bisa saja berbeda kepada orang tua atau orang dewasa.

 4. Biasakan sejak kecil

Internet kini mengelilingi dunia anak anak kita. Tugas orang tua adalah memberi pengajaran kepada anak anak agar mereka bisa mengetahui mana aktifitas yang aman di dunia internet dan mana yang bisa membahayakan buat mereka.

 5. Selalu mengawasi

Ketika usia mereka semakin bertambah, maka sifat keiingintahuan mereka akan semakin bertambah pula dan mereka akan selalu mencoba hal hal yang mereka anggap menantang atau baru.

Sebagai orang tua harus selalu mengawasi dengan berbagai macam cara di antaranya adalah bisa memasukkan aplikasi pengontrol di ponsel anak anaknya, jadi orang tua bisa selalu mengawasi ketika mereka berselancar di dunia internet.

Baca juga: cara menjalankan aplikasi android di PC

Selain itu orang tua bisa juga melakukan pemblokiran terhadap konten yang tidak pantas untuk ditayangkan, dan orang tua juga bisa membatasi waktu yang di gunakan untuk berinternet.

 6. Pembatasan

Ini sangat penting untuk dilakukan karena seketat apapun kita mengawasi mereka menggunakan internet, itu semua akan percuma jika tidak dilakukan pembatasan terhadap mereka untuk menggunakan internet. Mereka perlu di peringatkan kapan yang boleh untuk menggunakan internet dan kapan waktu yang di larang.