https://www.teknoterkini.id/2019/10/alasan-smartphone-china-lebih-murah.html

Meskipun Samsung dan Apple masih mendominasi pangsa pasar smartphone global. Ini tidak mencegah vendor ponsel pintar Cina menunjukkan taring mereka. Beberapa smartphone dari Negeri Tirai Bambu mampu bersaing dengan smartphone kelas dunia. Tapi masih lebih murah. Mengapa demikian? Berikut adalah 7 alasan mengapa ponsel China bisa dijual dengan harga murah.

Bahan baku yang melimpah

China adalah produsen ponsel terbesar di dunia. Selain tenaga kerja murah dan bahan baku juga sangat melimpah, bahan tanah jarang China 17, 16 dari yang diperlukan untuk memproduksi smartphone. Bahkan Cina memproduksi 95% dari unsur tanah jarang. Sebagai perbandingan, India diproduksi 2,5% dan Amerika Serikat 13%. Dengan banyaknya bahan baku, akan membuat harga bahan baku yang lebih murah. Hal ini akan berdampak pada harga telepon.

Teknologi kurang modern

Demi keseimbangan antara harga dan kinerja, ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi lama. Misalnya, alih-alih menggunakan RAM DDR dengan 4 teknologi terbaru, mereka masih mengadopsi DDR3 RAM. Selain itu, layar yang digunakan mungkin memiliki kualitas yang lebih rendah dari AMOLED atau panel IPS yang digunakan oleh vendor terkemuka.

Pengembangan dan penelitian

Teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, dan bahkan Samsung menghabiskan banyak uang untuk penelitian dan pengembangan. Dengan biaya penelitian dan pengembangan akan sangat wajar jika merek-merek terkenal seperti Samsung dan Apple memiliki harga ponsel cukup mahal.

Biaya Pemasaran murah

Dengan menggunakan smartphone murah dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Misalnya, Xiaomi berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan banyak biaya pemasaran. Sejumlah produsen Cina tahu bagaimana menggunakan jaringan internet marketing. Meskipun tidak Samsung, LG, dan Apple harus mengeluarkan uang ratusan juta rupee untuk biaya iklan televisi, sponsor, atau iklan untuk mempromosikan produk mereka.